Apa Yang Mau Dicari???

Not Indonesian? Translate Here

Favorit Tamu Minggu Ini

20130223

Untitled 7

Lama gak ngepost, kangen juga. Tanggal 6 Februari kemaren eyangkung (kakek) gua meninggal. Selama ini gua deket banget sama eyangkung gua. Kalo gua ke rumahnya pasti ada pelajaran yang gua dapet. Lagi nonton tv aja tau-tau eyang gua cerita macem-macem yang menurut gua menarik. 

Gua bener-bener suka cerita eyang gua tentang rumah uyut gua yang dulu dipinjem Belanda buat jadi markasnya didaerah plered. Sampe sekarang rumah itu masih ada lho. Rumah itu punya 9 kamar dan 4 kamar mandi. Sebenernya bisa dijadiin losmen tapi nanti kalo ada keliuarga dari jakarta dateng bingung mau nginep di mana. 

Eyangkung gua meninggal pas gua lagi di sekolah. Sebenernya cerita eyangkung gua meninggal ini rada unik. Eyangkung gua tinggal di jakarta, di komp. PWI dan dari dulu beliau emang kepengen dimakamin di Jogja, kampung halamannya. Nah kebetulan eyangkung gua meninggalnya di Jogja jadi anak-anak sama ponakan-ponakannya di jakarta gak susah bawa jenazah ke jogja. Waktu itu eyangkung gua ke jogja alasannya cuma mau nengokin kakaknya yang tinggal di sana. 

Pas ke Jogja terakhir kali itu rencananya eyankung gua mau 2 minggu. Trus ditanya sama eyangti (nenek) gua "Ngapain sih pak lama2?" trus eyangkung gua jawabnya "Ya gapapalah" eh ternyata bener eyangkung gua ama di jogja, bahkan selama-lamanya. Pas ke Jogja itu eyangti gua pengen dari stasiun sampe rumah kakaknya eyang gua (gua manggilnya eyangde) di tegalrejo naik becak. Eh keturutan. Trus eyangde gua juga kepengen ke taman sari eh keturutan juga soalnya dianterin sama eyangkung gua. 

Sehari setelah dari taman sari itu eyangkung gua sakit trus dirawat di rumah sakit. Katanya jantungnya bengkak soalnya kemaren itu eyangkung gua nyetir soalnya emang udah lama gak nyetir. Malam itu juga bokap gua pergi ke Jogja. Nah besok siangnya jam setengah 12 eyangkung gua meninggal. Waktu itu gua lagi di sekolah. Karena hp gua silent, jdi gua gak denger telfon nyokap gua. trus gak tau kenapa tiba-tibagua pengen ngecek hape dan pas gua liatmissed calleddari nyokap gua, seketika itu juga pikiran gua udah yang nggak-nggak. Trus gua sms lah nyokap gua. Trus nyokap gua bilang eyangkung gua meninggal. Saat itu juga gua langsung nangis kejerrrrrrrrrr banget di kelas. Semua temen-temen gua langsung pada nanya gua kenapa. Trus nyokap gua telepon dan nanyain gua mau ke Jogja apa nggak. Ya jelas lah gua mau soalnya itu terakhir kali gua bakal ngeliat eyang gua soalnya udah 2 mingguan gua gak ketemu eyang gua. Minggu pertamanya karena gua sakit, minggu keduanya gara-gara  sepupu gua (anaknya tante gua yang meninggal desember lalu) masuk rumah sakit. Eyangkung gua meninggal hari selasa padahal sabtunya masih telpon gua nanya gimana kabar gua trus nanya gimana ldksnya, trus gua bilang seru, trus eyangkung gua bilang ntar mau denger cerita ldks gua pas nanti dia pulang, tapi namanya juga takdir mau gimana lagi. 

Gua berangkat ke jogja sore itu juga sama pakde gua. Nah pas banget waktu itu bude guapulang dari Hongkong pas banget pula jamnya. Bude gua cerita waktu itu eyang gua telpon nawarin mau ikut ke jogja apa nggak, tapi karena eyangkung gua berangkatnya sebelum bude gua pulang jdnya bude gua bilang nanti dulu deh. Tapi ternyata bener-bener jadi. 

Gua sampe di jogja sekitar jam 7 malem dan sampe di tangkisan (rumah sodara gua, tempat jenazah disemayamkan). Gua naik pesawat di kelas bisnis tapi pakde bude gua di kelas ekonomi, asikkk.. Pas gua sampe, gua takjub ngeliat rumahnya. Rumahnya gede banget bo'. Gua nggak inget pernah ke situ sebelumnya soalnya gua masih kecil banget waktu itu. Ruang tamunya aja 3 kali lebih gede dari kelas gua. Malem itu gua tidur di ruang tamu di sebelah jenazah eyangkung gua sama ayah gua, om gua, sama pakde gua juga. Dingin banget loh udaranya soalnya waktu itu juga lg ujan. 

Besok paginya sebelum eyangkung gua dimakamin, semua keluarga ngeliat eyang gua untuk terakhir kalinya. Terakhir kalinya banget.Sepupu gua, Arief, yang masih 4 tahun nanya ke papanya (om gua) "Papah, eyangkung sakit apa?" trus om gua jawab "Eyangkung udah meninggal rief" trus arief nanya lagi "meninggal itu gimana pah?" trus dijawab lagi sama om gua "artinya eyangkung udah gak hidup lagi, eyangkung pergi nemuin Allah,sekarang arief berdoa aja ya buat eyangkung di sana" denger pertanyaan polos arief tangisan gua makin kejer. Arief juga nangis loh pas dikasih tau papahnya kalo eyangkung udah gak hidup lagi. 

Eyang gua dimakamin di pemakaman keluarga di daerah banyu meneng, klaten. Untuk pertama kalinya gua ngerasain yang namanya gak mau pulang dari makam. Gua nggak kuat nahan nangis soalnya gua cucu pertama di keluarga eyangkung gua. Dan gua jadi cucu satu satunya selama 10 tahun, udah gt dari gua kecil nyokap bokap gua itu kerja jadinya gua diasuh sama eyang gua. Dulu waktu masih tk kalo mau tidur siang eyangkung gua pasti ngedongengin gua cerita kancil pake gaya dan ekspresi lengkap. Seru loh didongengin sama eyangkung gua. 

Trus besok paginya lagi gua, ayah gua, om gua, tante gua, eyangti gua, sekeluarga gua deh pokoknya balik ke tegalrejo, rumah eyangde gua. Dan pulang ke jakarta hari sabtunya tanggal berapa tuh gatau pake kereta. 

Tidak ada komentar: