Apa Yang Mau Dicari???

Not Indonesian? Translate Here

Favorit Tamu Minggu Ini

20120401

Japanese Flower

Sakura
Sakura (genus Prunus, sub genus Cerasus) adalah bunga nasional Jepang, selain Kiku(krisan). Pohonnya cukup unik, karena ketika musim semi datang, bunganya akan keluar lebih dahulu dibandingkan daun-daunnya. Sakura hanya mekar sekali dalam setahun, yaitu sekitar Februari (Okinawa) hingga awal Mei (Hokkaido). Bunganya sendiri hanya bertahan 7 hingga 10 hari setelah mekar. Selain sakura yang mekar di musim semi, terdapat pula Fuyuzakura (Prunus subhirtella autumnalis) yang mulai mekar di musim gugur dan terus mekar selama musim dingin.
Ume
Ume (Prunus mume), dikenal juga sebagaiJapanese apricot,Japanese plum, atauChinese plumUmesendiri sebenarnya lebih mendekati aprikot (anzu) dibandingkan plum(sumomo). Pohon umeberasal dari China dan diperkenalkan ke Jepang pada abad ke-6. Pada zaman Heian, ume menjadi populer dan bunganya sering dijadikan objek seni sastra maupun seni lukis. Bunga ume yang memiliki variasi warna putih hingga merah ini sering dikaitkan dengan keindahan, kekuatan dan kesucian, bahkan dipercaya mampu memberikan perlindungan dari makhluk halus. Itulah sebabnya mengapa ume banyak ditanam di arah timur laut yang dipercaya sebagai arah datangnya setan. Selain ditanam untuk dinikmati keindahannya, buah ume juga bisa diolah menjadi acar (umeboshi) dan minuman beralkohol (umeshuu). Ume biasanya bersemi pada akhir musim dingin.
Nadeshiko
Nadeshiko (Dianthus superbus) adalah nama lain anyelir merah muda berjumbai. Bunga yang juga sering disebut sebagai Large Pink ini tersebar di Eropa dan sebagian Asia. Bunga ini tumbuh di daerah beriklim sedang-sejuk dengan ketinggian hingga 2400 m di atas permukaan laut. Tinggi tanamannya 30-50 cm dengan bunga berdiameter 3-5 cm berbau manis. Di Jepang, bunga yang mekar pada musim panas ini bisa dijumpai di pulau Honshuu, bagian barat Shikkoku, Kyushuu juga Okinawa.


Tsubaki
Tsubaki Jepang (Camellia japonica) adalah salah satu jenis bunga kamelia yang paling dikenal. Bunga yang berdiameter 5-8 cm ini mekar pada musim dingin hingga musim semi dengan warna yang bervariasi dari merah, pink, putih maupun paduan warna-warna tersebut. Di Jepang ada pantangan untuk membawa bunga kamelia saat menjenguk kerabat yang sakit. Bunga kamelia mudah lepas dari tangkainya sehingga seolah-olah kita mendoakan pasien agar cepat meninggal.

Anzu
Anzu (Prunus armeniaca) adalah nama lain untuk aprikot dalam bahasa Jepang. Anzuyang ada di Jepang kemungkinan dibawa dari China. Anzu cenderung tahan pada udara dingin, bunganya yang berwarna pucat mekar di awal musim semi sepertisakura dan berbuah di awal musim panas seperti ume.

Momo
Momo (Prunus persica) dikenal juga sebagaipeach atau persik. Bunganya mekar bersamaan dengan datangnya musim semi dengan variasi warna mulai dari putih hingga ungu gelap. Kelopak bunga momo ada yang terdiri dari 5 kelopak dan ada pula yang berkelopak banyak, juga memiliki banyak benang sari. Bunga ini sering digunakan sebagai bunga untuk Ikebana. Bunga momo memiliki tangkai yang sangat pendek sehingga seperti menempel langsung pada batang pohonnya.


Fuji
Fuji (Wisteria floribunda) atau wisteria Jepang adalah tanaman dari famili polong-polongan dengan bunga segugus yang panjangnya mampu mencapai 50 cm. Bunga fuji memiliki variasi warna putih, ungu maupun kebiruan dengan aroma khas yang seperti anggur. Bunga ini mekar pada bulan April hingga bulan Mei setiap tahunnya.


Kiku
Kiku (genus:Chrysanthemum) dalam bahasa Jepang berarti krisan atau seruni. Krisan adalah salah satu bunga nasional kebanggaan Jepang. Bunga yang memiliki makna "bangsawan" ini dibawa dari China ke Jepang lebih dari 1500 tahun yang lalu. Krisan telah menjadi favorit para bangsawan sejak zaman Heian, dan hingga kini digunakan sebagai lambang resmi keluarga kaisar. Meskipun bunga ini anggun menawan,kiku khususnya yang berwarna putih pantang dibawa untuk menjenguk pasien karena bunga ini biasanya dipakai untuk dekorasi upacara pemakaman.

Tidak ada komentar: